Friday, December 17, 2004

lupa hijau

Dulu, saya ingat suka melihat yang hijau-hijau itu tetap ada...
yang coklat itu tetap menjadi coklat... yang content nya adalah Si, O, Mg.
Dan dulu, saya berfikir untuk tetap membuat coklat itu berisi Si, O, Mg dan unsur unsur natural lainnya. Maka langkah untuk menghentikan pencemaran unsur-unsur alam dalam suatu benda coklat terpikir sudah. Kumulai dari hal kecil, dan mencoba untuk memperlihatkan kepada orang lain. Hilangkan perasaan dipanggil sok hijau dan lain-lain. Toh, kita tidak akan berkembang jika tetap memperdulikan hal-hal yang seharusnya cuman menjadi "sampah telinga".

Dulu, kuberpikir punya penampungan sampah-sampah plastik di suatu tanah luas.. telah kutinjau tanahnya, dan kurasa cocok. Saya masih butuh tambahan isi otak untuk itu dan banyak rupiah. Kubayangkan berdiri di depan sekolah, anak kecil dan orang tua sekalipun. Tidak akan merubah banyak hal, saya tahu tapi akan menjadi tonggak penting dalam hidup. Tidak sukses? probabilitas adalah satu banding satu. tapi kepuasan dan tersenyum diatas suatu kursi goyang dengan kulit keriput di masa akan datang nanti, adalah sebuah cita-cita.... calon anakku, calon cucuku, akan kah kita se-ide? yah, paling tidak,dengarlah orang tua ini bercerita tentang cita-cita masa lalu...
Dan, kubuatlah jalan untuk mendapatkan tanah luas berisi banyak hal itu....

Dan sekarang, saya mungkin lupa dengan hijau-hijau jauh disana itu, lupa dengan coklat-coklat jauh disana itu.. dan lupa dengan cara orang memperlakukan hasil dari penebangan hijau itu, hasil dari pencampuran coklat itu dengan barang-barang yang sebenarnya tidak bisa melekat di dia. Mungkin lupa, karena semua yang dipikiran itu ternyata ada disini.... dan saya tidak perlu memikirkan itu karna ada orang yang menerapkan sistem hijau dan coklat itu disini...

Dulu dan sekarang, mungkin ada perubahan konsep dalam kepala lonjong ini... tapi sungguh, saya masih ingin berdiri di depan anak-anak kecil, dengan suara yang lantang dan cara khas menarik perhatian mereka... dan mereka pun akan mendukung konsep hijau dan coklat yang selama ini ada di kepala. Ini adalah proyek kecil, yang dimulai dari diri sendiri, disebar ke teman terdekat, tersebar, tersebar, tersebar.. dan konsep kecil ini pun menjadi besar (dimana kamu yang sering berbagi tentang hal ini? menghapus?)

tapi siapa peduli? saya sudah tidak pernah kekurangan air, kepanasan (rumah dan kantor ber-AC), air bersih jalan lancar, rumah saya tidak kebanjiran, dan buah-buah dan sayur sayur tersedia di supermarket, dengan harga yang terjangkau oleh saya.....


Bolak balik dan mari, lihatlah dari sisi lain!

Selamat Pekan Penghijauan Nasional 17-23 Desember 2004,
Maafkan saya hijau dan coklat, kado saya tidak ada untuk tujuh hari ini

PC 22279, 11:47 AM: Dalam hitam, kumasih berfikir hijau dan coklat

0 Comments:

Post a Comment

<< Home