Monday, November 21, 2005

StuNed

StuNed, Studeren in Nederland atau studi di Belanda, adalah program beasiswa yang bertujuan membantu pembangunan Indonesia melalui peningkatan sumber daya manusia pada institusi-institusi di Indonesia. Setiap tahun sekitar 150-200 beasiswa penuh ditawarkan kepada mereka yang berkecimpung dalam pembangunan Indonesia. Penerima beasiswa dapat mengikuti master course, short course atau customized training programme yang keseluruhannya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Setelah menyelesaikan studi dan kembali ke Indonesia, penerima beasiswa berkomitmen untuk berperan dalam pembangunan.

Program StuNed mengacu pada kebijakan kerja sama pembangunan pemerintah Belanda yang bertujuan untuk mencapai UN Millenium Development Goals pada tahun 2015. Untuk Indonesia, program kerja sama bilateral difokuskan pada peningkatan sektor-sektor yang memiliki keterkaitan erat dengan pembangunan seperti: pendidikan, pengelolaan air, sanitasi dan lingkungan, pembangunan berbasis masyarakat, pengembangan institusi, pemerintahan yang bersih dan hak-hak asasi manusia, gender, HIV/AIDS, kesehatan reproduksi dan kebudayaan (memperkuat jati diri budaya).

Sejalan dengan kebijakan pemerintah Indonesia, seperti yang dipaparkan dalam Poverty Reduction Strategy Papers (PRSP), peningkatan proses desentralisasi merupakan tujuan lain. Oleh karena itu, perhatian khusus diberikan kepada para kandidat yang bekerja di kantor pemerintahan tingkat daerah dan mereka yang bekerja di luar Jawa. StuNed juga menjunjung tinggi kesetaraan gender (minimal 50% perempuan).

Informasi beasiswa StuNed, dapat dilihat di website resmi Netherlands Education Center, sedangkan beasiswa NFP (Netherlands Fellowship Programme), dapat dilihat di website NUFFIC.


---------------
11:04 PM, seperti membuka gulungan awal di tahun-tahun itu, masih membekas!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home