Sunday, May 07, 2006

Pantai Matara




Pantai-pantai itu masih menundukkan kepalanya, jika dia punya kepala.
Aku bisa merasakan kata-kata maaf dalam bentuk deburan ombak yang menggulung-gulung, membawa pasir-pasir, lanau-lanau dan lempung-lempung itu.
Pun, aku bias melihat partikel-partikel kecil membawa alunan suara-suara jeritan manusia-manusia yang telah menjadi pahlawan alam, buat sebuah awareness umat berikutnya.
Dengan gulungan indahmu, kamu memberikan wacana ke penikmatmu, sekaligus memberi kenyamanan dan kesejukan buat orang-orang yang menggantungkan hidupnya kepadamu.

Aku bisa melihat kesungguhan orang-orang itu terhadap gulungan-gulungan mu. Pun, peringatan-peringatan masih mereka abaikan, demi menunjukkan cinta mereka?
Aku bias melihat gigi-gigi putih itu di tengah wajah-wajah panjang yang gelap dan tangan-tangan dan tulang tulang yang seperti besi, bertanya ke kamu: apa kamu masih kami bisa andalkan? ditengah keputusasaan dan di tengah harapan yang terus ada, dari mereka-mereka yang lain.
Aku belajar proses membagi dan dibagi, proses bersabar dan berbuah, dan proses mencintai dan memberikan, cinta orang-orang kepada alam dan beri-an alam kepada orang-orang, yang mungkin salah atau keliru dalam praktis secara scientific.

Dan aku masih bisa mendengar kamu berbisik keras jangan rusak pohon-pohon bakau ku, jangan ambil pasir-pasir tinggiku itu buat resort-resort berbintang, yang mungkin nanti akan berubah menjadi resort berbulan; bulan pun dibawa nya bersama.
Aku berbisik kepada diriku sendiri: karena manusia serakah, dan itu sudah menjadi default, mungkin sudah menjadi sistem yang kekal.

Matara, pantai selatan Sri Lanka
02 Mei 2006, 07:27 AM

2 Comments:

Blogger ime' said...

manusia memang serakah... tapi do not forgot, kita pun manusia, dan kadang kita pun serakah (dalam bentuk apa saja)...

baik disengaja ataupun tidak disengaja...

pengennya gue ke pantai... tidur... ngantuk gue...

11:39 AM

 
Blogger RealMuhy said...

gw manusia, gw gak serakah ah. tapi rakus. kekeke...
pengen ke pantai? ke pantai atuh... gampang kan solusinya?

mey.. gw masih gak bs bs buka blog elu dari sini...
lu tuh aneh. nama lu mey, kok lahirnya di bulan maret... harusnya nama lu jadi retty aja, or mamar :P... hahahaha

10:11 AM

 

Post a Comment

<< Home